Senin, 17 Desember 2012

Pengertian Storyboard


STORYBOARD

Pengertian Storyboard  secara Harfiah berarti dasar cerita, sedangkan menurut definisi saya adalah area berseri dari sebuah gambar sketsa yang digunakan sebagai alat perencanaan untuk menunjukkan secara visual bagaimana aksi dari sebuah cerita berlangsung, dan akan menjadi dasar dari kelangsungan keseluruhan dari cerita nantinya.

Storyboard merupakan naskah yang dituangkan dalam bentuk gambar atau sketsa yang berguna untuk lebih memudahkan cameraman dalam pengambilan gambar.

Jika diumpamakan sebagai pembuatan film, maka bisa dibilang bahwa storyboard adalah skenario film tersebut.Lalu, hal-hal apa saja yang harus dimuat di storyboard ? Hal-hal yang harus dimuat di storyboard antara lain : visualisasi, sketsa gambar, dan audio yang ada. Lalu sekarang gimana yach penjelasan yang harus ada di dalam story board ?
Perkembangan teknologi software, akhirnya membuat kita berada pada dua pilihan. Ingin cepat bahkan bisa dianggap malas, atau ingin mengembangkan bakat dengan tetap pada cara konvensional ? Storyboard adalah salah satu hasil pekerjaan artistik murni kepiawaian menggambar, yang saya pikir tidak dapat digantikan dengan software, tapi tidak setelah saya menemukan Storyboard Digital ini.
Software ini bisa dilihat di http://www.6sys.com/Springboard

Software tersebut sangat disarankan bagi seseorang yang sedang dikejar deadline yang dimana pengguna harus mampu menguasai tools-tools yang terdapat didalam software tersebut.

Cara-cara dalam membuat storyboard :
1.      Catat poin-poin penting, ide, serta konsep yang akan di masukan didalam storyboard.
2.      Storyboard anda harus pada dasarnya marupakan jenis peta, menguraikan semua langkah utama yang diperlukan untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran itu sendiri.
3.      Membuat sketsa kasar visual untuk semua frame
4.      Apakah visual sudah dengan jelas menampilkan ide utama presentasi, apakah pemirsa dapat memahami dalam waktu kurang dari 30 detik.
5.      Dapat menggunakan dikertas atau dengan perangkat lunak seperti Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Inspirasi.
Contoh Storyboard :


Sumber :




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar